Pelaksanaan Akreditasi PAUD dan PNF di Sultra

Akreditasi PAUD dan PNF adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

Tahapan akreditasi terdiri dari :

  1. Permohonan Akreditasi,
  2. Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA),
  3. Pemeriksaan Kelayakan Permohonan Akreditasi (PKPA),
  4. Visitasi,
  5. Validasi dan Verifikasi,
  6. Penetapan Status Akreditasi dan Penerbitan Sertifikat Akreditasi

Saat ini, Tahapan akreditasi di Provinsi Sulawesi Tenggara telah memasuki pada tahap Visitasi. Dimana pada tahapan ini, Tim Asesor visitasi yang ditugaskan oleh BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Tenggara akan mengunjungi lembaga PAUD dan PNF yang telah dilakukan PKPA untuk kemudian dilakukan penilaian terhadap pemenuhan 8 SNP yang dilselenggarakan oleh Lembaga tersebut.

Pada tahun anggaran 2018, BAN PAUD dan PNF Prov. Sultra mendapat kuota sebesar 600 Lembaga PAUD dan PNF untuk diakreditasi. Dalam pelaksanaanya, Kuota tersebut dibagi dalam 2 Tahap pelaksanaan, yaitu Juni-Agustus pelaksaan Tahap I dan Agustus-September pelaksanaan Tahap II. Dimana dalam Tahap 1 ini terdiri dari 300 Lembaga PAUD dan PNF yang tersebar di sebelas Kab./Kota diantaranya Kota Kendari, Kota Baubau, Kab. Konawe, Kab. Koltim, Kab. Kolaka, Kab. Bombana, Kab. Busel, Kab. Buteng, Kab. Muna, Kab. Mubar dan Kab. Wakatobi.